KEGIATAN PUSKEU POLRI


KAPUSKEU POLRI MENJADI NARASUMBER PADA RAKORWAS ITWASUM POLRI

Puskeu - Jakarta

Kamis, 25 Pebruari 2021 bertempat di Ballroom Aston Hotel, Sentul telah dilaksanakan Rakorwas Itwasum Polri yang bertema "Inspektorat Pengawasan Polri siap mendukung penanggulangan paripurna Covid-19 dan pemulihan ekonomi Nasional melalui transformasi pengawasan Polri menuju Polri yang presisi". Kegiatan ini merupakan langkah tindak lanjut penjabaran Rapim Polri yang baru saja dilaksanakan beberapa waktu lalu serta dihadiri oleh PJU Itwasum Polri dan seluruh Irwasda Polda se-Indonesia.

Kapuskeu Polri dalam kesempatan ini diminta untuk menjadi narasumber terkait tata kelola keuangan Polri dengan mengambil tema "Strategi Puskeu Polri dalam mewujudkan transformasi bidang keuangan menuju Polri yang presisi di tengah situasi pandemi Covid-19". Brigadir Jenderal Polisi Lukas Akbar Abriari, S.I.K, M.H menyampaikan secara rinci dan lugas tentang posisi Puskeu Polri dalam pengelolaan keuangan negara pada Polri yang dimulai dari tahap perencanaan, penguasaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggungjawaban.

Dijelaskan pula oleh Kapuskeu Polri bahwa Puskeu Polri tidak hanya bertanggungjawab pada tahapan pertanggungjawaban tapi juga memiliki peran cukup penting dalam membantu tahapan pengawasan bahkan dalam memberikan feedback pada tahapan perencanaan, penguasaan dan pelaksanaan. Beliau berpendapat bahwa kunci sukses seluruh tahapan adalah team work atau kerjasama yang solid diantara pengemban fungsi tersebut. Diibaratkan suatu tim sepakbola maka Puskeu Polri berperan sebagai penjaga gawang dan fungsi kepolisian lainnya berperan sebagai kapten, libero, mid-fielder, penyerang, wasit dan pelatih. Bila tim lawan berhasil memasukkan bola ke gawang maka yang sering disalahkan adalah penjaga gawang. Padahal keseluruhan permainan merupakan satu bentuk kesatuan utuh dari proses kerjasama tim. Dengan kata lain, Kapuskeu Polri mengharapkan kerjasama dari berbagai pihak terkait agar tata kelola keuangan Polri semakin baik.

Kapuskeu Polri juga menjelaskan tentang IKPA, rangkaian pemeriksaan BPK-RI atas Laporan Keuangan Polri dan pemanfaatan teknologi informatika oleh Puskeu Polri di tengah situasi pandemi Covid-19. Di akhir materi, disampaikan oleh Kapuskeu Polri bahwa semua langkah percepatan tersebut dilakukan guna mendukung transformasi bidang keuangan Polri menuju Polri yang presisi. @koes





BERITA LAINNYA


| Puskeu Polri
 
 
| Puskeu Polri
 
 
| Puskeu Polri
 
| Puskeu Polri