KEGIATAN PUSKEU POLRI


PUSKEU POLRI GELAR PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEMESTER I TA 2024, RAIH OPINI WTP DAN IKPA TINGGI

Semarang 16 Juli 2024
Puskeu Polri menggelar kegiatan Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Polri Semester I TA 2024 di Harris Hotel Sentraland, Semarang, pada 15-18 Juli 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 212 peserta, termasuk para PJU Puskeu Polri, Kabidkeu, Operator Mon Sakti, Operator Penyusun Manual Pendukung, dan Penyusun CALK.
Kapuskeu Polri Brigjen Pol Lukas Akbar Abriari, S.I.K, M.H., dalam sambutannya mengapresiasi kinerja jajarannya dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan raihan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK selama bertahun-tahun."Saya ucapkan terima kasih atas kinerja jajaran Puskeu Polri dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas. Kita selalu mendapatkan opini WTP dari BPK," ujar Kapuskeu Polri dalam keterangannya.
Meskipun telah mendapatkan opini WTP, Kapuskeu Polri mengingatkan agar jajarannya tetap teliti dan memperhatikan beberapa hal agar tidak ada temuan dari BPK. Perhatian utama adalah terkait kinerja pelaksana anggaran lainnya, seperti proses pengadaan belanja barang dan jasa, pencatatan aset, dan hibah.Hibah berupa uang maupun barang
Transaksi Dalam Konfirmasi PNBP
Kesalahan jurnal balik jasa medis di RSB
Satker yang belum melakukan reklas piutang jangka panjang di Modul Piutang
Kesalahan input kerugian pelepasan aset
Kesalahan input BAST pada modul komitmen dan belum dilakukan pendetilan
Saldo tidak normal berupa Kas Lainnya di K/L dari Hibah yang belum disahkan.
Kapuskeu Polri juga menekankan pentingnya cermat dalam mengelola hibah, terutama hibah dari Pemerintah Daerah. Ia meminta Kabidkeu untuk mengingatkan Kapolres baru agar memperhatikan pencatatan dan register hibah.
"Dengan diadakannya kegiatan ini dan dihadirkannya para Kabidkeu Polda/Mabes, diharapkan mampu mengeliminir permasalahan-permasalahan yang ada dan ketika kembali tidak ada lagi permasalahan-permasalahan yang tersisa. Hal ini dimaksud agar Laporan Keuangan Polri semakin bekualitas," ujar Kapuskeu Polri.
Selain opini WTP, Polri juga meraih prestasi dalam Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). Selama 2 tahun terakhir, Polri menempati peringkat ke-2 di bawah Kementerian Keuangan dalam IKPA.
Kapolri memberikan penghargaan kepada 61 satker yang mencapai nilai IKPA sempurna. Penghargaan ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Keuangan Polri Nomor: Kep/13/VII/2024 tentang Penetapan Pemberian Penghargaan Jumlah Satker Terbanyak Yang Mendapatkan Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) 100 atau sempurna T.A. 2023.

BERITA LAINNYA


| Puskeu Polri
 
 
| Puskeu Polri
 
 
| Puskeu Polri
 
| Puskeu Polri