JADI POLWAN ? TERPIKIRPUN TIDAK

Puskeu - Jakarta

Kali ini kita akan berkenalan dengan Ipda Ayu Waruli Chastelo, SE yang merupakan alumni SIPSS Angkatan Adhi Mukti Jagatnata 2019. Cerita Ayu, yang merupakan anak pertama dari 4 bersaudara,  juga menarik untuk didengarkan. Keluarganya tidak ada satupun yang berprofesi sebagai polisi. Ayahnya bekerja sebagai penjual mobil bekas dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Jadi, boleh dibilang ia tidak mengetahui sama sekali tentang polisi apalagi mengenai persyaratan masuk polisi. Sepertinya jalan takdir yang mengarahkannya.

Ayu dan keluarganya, seringkali hidup berpindah-pindah mengikuti bapaknya bekerja. Masa kecilnya dihabiskan berkeliling kota seperti Tanjung Bintang, Yogyakarta, Tangerang dan Bandarlampung. Polwan berdarah Palembang - Yogyakarta ini berkuliah di Universitas Dharmajaya Bandarlampung jurusan Manajemen Keuangan. Setamatnya dari kuliah, ia bekerja di salah satu perusahaan peti kemas selama kurang lebih 2 (dua) tahun.

Ia selanjutnya resign dari perusahaan peti kemas karena berkeinginan melanjutkan kuliah S-2 di luar negeri. Keinginan kuliah di luar negeri itu begitu kuat karena ia pernah mengikuti program pertukaran pelajar/mahasiswa di Thailand. Akhirnya Ayu banyak mencari informasi dari internet dan mengisi formulir pendaftaran online. Jawaban dari perguruan tinggi tak kunjung tiba dan Ayu memutuskan mendaftar SIPSS setelah melihat pengumumannya di situs internet.

SIPSS merupakan pilihan logis bagi Ayu yang hendak bekerja sebagai pegawai negeri. Ia mengira ujian SIPSS hanya melalui online. Tak disangka bahwa banyak berkas administrasi yang harus dilengkapi, banyak kegiatan fisik yang harus dipersiapkan dan tentu saja mental yang wajib siap menghadapi pendidikan dan penugasan kepolisian. Ia dibantu orang tua dan adik ke-2 nya, segera mempersiapkan seluruhnya secara cepat dan sungguh-sungguh.

Dan, luluslah Ayu mengikuti pendidikan SIPSS. Suatu profesi yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Setelah tamat dari pendidikan, ia ditempatkan sebagai PS. Pamin BIA Subbid APK Bidkeu II Mabes Puskeu Polri. Selamat belajar dan selamat berkarir di keuangan Polri. @koespuskeu




BERITA LAINNYA


| Puskeu Polri
 
 
| Puskeu Polri
 
 
| Puskeu Polri
 
| Puskeu Polri